Surat terbuka untuk Papi yang di Surga.

Dear Papi,

Sudah beberapa kali beta pikirkan buat catatan untuk papi dengan berbagai macam konsep tulisan, hanya saja sonde pernah bisa beta lakukan. Setiap kali mau tulis beta sonde tau apa yang harus beta tulis. Tapi kali ini beta ingin sekali tulis sesuatu untuk Papi walau sama saja beta ju sonde tau mau tulis apa. Ma Papi jang kaget deng judul surat e, itu beta terinspirasi sa dengan trend-trend sekarang yang apa-apa "surat terbuka" hehe.. Tenang sa, beta bukan mau protes apa-apa seperti yang biasa beta lakukan dalam menulis hehe.. Ohh iya... Ini hari beta ulang tahun. Papi selalu ingat ulang tahun anak-anaknya. Hanya saja, kali ini beta merasa sedikit pilu dihati. Beta anak pertama dari dua sodara kandung lainnya yang merasakan ulang tahun tanpa Papi di tahun ini. Tahun depan baru giliran Ike dan Bu yang akan merasakan ulang tahun tanpa Papi.  Papi, beta sonde tau kenapa dan beta sonde bermaksud untuk sonde beryukur, tapi diulang tahun kali ini beta seperti sonde rasa sukacita, kecuali hanya kepedihan di hati. Beta ingat, kalu ada yang ulang tahun, maka bangun pagi kita sekeluarga akan peluk dan cium yang berulang tahun. Beta kira itu hal yang biasa, yahh... dalam keluarga memang sudah semestinya demikian. Tapi papi coba bayangkan sa, sudah puluhan tahun disetiap kali beta ulang tahun papi selalu palok ciom dan kali ini beta sudah sonde bisa mencium aroma tubuh tua mu Papi. Papi tau sonde, sampai - sampai beta beli rokok sampoerna yang biasa papi isap tu, kemudian beta cium- cium hanya sekedar ingin mengingat Papi pung aroma tubuh sa hehe.. Ehhh Papi tunggu sebentar e, Bu ada panggil mau sambayang kasi beta terus katong mau makan malam bersama. Ini malam lengkap, kecuali Papi sa 😊. 

Ok, beta lanjut lai Papi e... Tadi Mami yang berdoa kasi beta dan beta berharap Tuhan Yesus kasi tau Papi Mami pung doa dan kasi tau Papi juga katong semua ada bae-bae sa. Tadi katong makan deng sayor bunga pepaya, ada daging babi sadiki, ikan goreng, deng Ike ada beli sate dan kolesong di halte sana. Suasana lumayan penuh sukacita, walau beta bisa rasa masing-masing dari katong semua terutama mami sedang baper ingat papi (baper ni "terbawa perasaan", istilah anak-anak sekarang dong hehe), hanya saja mungkin dong sonde mau omong karena jaga beta pung perasaan mangkali e... Papi beta su blank lai, snd tau mau omong apa, tunggu beta maen ame keyboard kasi ilang blank do e... O iya, sesuai tradisi orang NTT yang biasa buat pengucapan syukur 40 hari, ternyata Papi pung 40 hari tepat di beta pung hari ulang tahun, walau beta (bahkan Papi) menolak untuk beribadah dalam ritual 40 hari tersebut, karena memang kekristenan sonde kenal ritual tersebut. Tapi katong akan tetap buat pengucapan syukur atas apa yang sudah Tuhan kehendaki bagi kita sekeluarga, walau bukan pengucapan syukur 40 hari. Bu bilang akan buat minggu depan bertepatan dengan ibadah rumah tangga di rumah. Papi... beta mau minta maaf waktu malam-malam penghiburan sampai penguburan, beta kurang serius persiapkan musik di ibadah-ibadahnya. Sonde tau kenapa beta kehilangan gairah untuk iringi liturgi, pada hal di acara kedukaan yang laen beta bisa tanam kaki sampai pagi main musik. Dan sebenarnya beta berharap ada yang bisa bantu beta maen musik di ibadah malam penghiburan, cuma beta juga sonde sempat berpikir untuk hubungi teman pemain keyboard dong. Maaf e Papi sayang... Tapi ada cerita yang menarik waktu ibadah penguburan. Beta sonde tau apakah Papi tau atau sonde, tapi Papi pung cucu tersayang Kate Bartels kan suka angkat buang benda-benda yang bisa dia jangkau to?! Di meja tu ada lilin, copian liturgi, barang-barang laen dengan Papi pung foto. Dia angkat buang dan kasi jatoh itu semua barang-barang tapi Papi pung foto dia sonde sonto ju, tapi kemudian dia pegang Papi pung foto dan dia cium-cium. Mungkin dia kangen opanya yang biasa kasi tidur dia po po dia pung panta, tapi opa su sonde bisa po po dia lai. Papi pung cucu Kate ni sayang sekali dengan Papi, sama seperti Papi sayang Kate. Walau besar nanti mungkin Kate sonde ingat kebersamaan dengn Opanya lagi, tapi Papi sonde usah kawatir, beta yang akan cerita Kate sedekat apa kalian berdua dan dia akan senantiasa mencintai Opa sampai kapan pun. Kalau Tuhan sayang, beberapa bulan lagi Papi akan punya cucu lagi yang kedua. 

Ohh beta lupa lai. Tadi diatas beta bilang beta beli rokok untuk cium-cium tu karena satu minggu setelah Papi meninggal tu mami opname di rumah sakit karna mungkin kecapean dan pikiran, beta sudah putuskan untuk berhenti merokok. Puji Tuhan dihitung dari surat ini beta tulis, sudah satu bulan lebih beta berhenti merokok. Semoga bisa berhenti seterusnya. Mami sempat masuk RS sehabis kubur Papi. Mungkin Mami kecapean dan memang sebelumnya masih sakit, tapi beta bisa rasa Mami terpukul sekali dengan kepergian Papi. Papi... Beta senantiasa berdoa agar Tuhan Yesus jaga Mami selalu. Papi beta pung hati susah sekali dengan kepergian Papi ini. Siapa yang akan bantu beta lagi kalau beta mentok kasi latian Paduan Suara? Beberapa minggu lalu Perempuan GMIT latian PS dirumah sekaligus itu pengalaman aneh pertama beta kasi latian dirumah tanpa kehadiran Papi. Beta rasanya mau manangis sa tapi beta tahan. Papi, beta lanjut cerita Mami lai e... Sekarang Mami sendiri dirumah dengan Kate kalau semua sudah pi kantor. Anak timor dua orang yang biasa bantu tu su pulang kampung papi, jadi Mami kerja sendiri dari pagi sampai sore. Pada hal Mami su sonde sekuat dulu dan lagi sakit ju. Kalau Papi ada beta sonde kawatir. Apa lagi beta jao di kefa ni buat beta tambah stres sa. Selama beta di kefa beta telpon Mami tiap jam tanya kabar, sampe-sampe Mami marah karena musti batasibuk dengan angkat telpon dari beta sa hehe... Belom lagi Ike yang tiap malam manangis terus ingat Papi. Beta sungguh sonde tau sampai kapan kondisi seperti ini akan terus terjadi. Beta berharap Tuhan bisa kasi jalan keluar di waktu yang tepat untuk semua masalah ini. 

Beta pikir ini surat sekian sudah, beta sonde tau juga setelah ini beta harus kirim surat kemana, dan apakah Papi tau ini surat atau sonde beta ju sonde tau. Mudah-mudahan kedepan su ada alat yang bisa tau tentang kehidupan setelah kematian, biar beta bisa pinjam sewa ju bae hehehe... Ma beta taro ini surat di beta pung blog e Papi.. Blog tu tempat milik pribadi seseorang untuk tulis segala macam hal yang dia pikirkan. Ada di internet, jadi itu tulisan akan 'abadi' disana, sapa tau Papi bisa dapa baca na bae su hehe... 😀 Hhhhh... beta sangat berharap bisa banggakan Papi, tapi beta merasa malah lebih sering buat Papi kecewa, beta minta maaf. Beta merasa gagal untuk banggakan Papi dan beta belom bisa balas Papi pung jasa sebagai orang tua ke beta. Semoga Tuhan ampuni beta. Dan kalau Tuhan berkehendak beta akan menikah nanti, beta sonde sangka kalau ternyata Papi sonde ada di beta pung pernikahan. Mungkin Bu yang akan dampingi Mami. Begitu sa sudah. Ini surat su talalu panjang dan beta senang bisa ungkapkan beta pung isi hati. Beta sonde bermaksud untuk berbicara dengan orang mati, tapi beta sedang mencoba mengambil kemungkinan bahwa orang mati mungkin bisa tau dan bisa melihat entah dari dunia yang mana kehidupan orang yang masih hidup. Walau mereka mungkin bisa tau, tapi mereka tetap saja tidak tau isi hati orang lain, jadi beta tulis isi hati beta disini. Kalau pun kemungkinan itu salah, maka anggap saja ini sekedar menuangkan isi hati saja. Bagaimana pun, akhirnya setiap orang percaya harus tetap bersyukur atas apa yang Tuhan lakukan pada hidup orang beriman. Salam sayang, ciom dan peluk dari anak mu untuk Papi yang disurga 😘😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ORANG - ORANG POTENSIAL DALAM GEREJA HARUS 'DIMAKSIMALKAN' BUKAN 'DIMANFAATKAN'

APAKAH DENGAN MENGATAKAN KEBENARAN KEPADAMU, AKU TELAH MENJADI MUSUHMU? (Menanggapi tulisan Pdt. Norman M. Nenohai)

Teologi Kidung Jemaat